Favorite News

Posted by : Majalah Siantar Jumat, 05 Oktober 2012

Tips Cara Mengatasi Kejenuhan
Tips Cara Mengatasi Kejenuhan | Majalah Siantar – Beberapa atau malah sebagian besar manusia yang memiliki tingkat keaktifan dalam beraktivitas pasti pernah mengalami yang namanya kejenuhan. Entah itu jenuh karena sekolah, pekerjaan, jenuh karena rutinitas yang sama dari hari ke hari, dari minggu ke minggu dan dari tahun ke tahun. Sebenarnya perasaan jenuh itu wajar datang pada kita atas apa yang telah kita lakukan, maka bersyukurlah bila sobat semua merasakan kejenuhan yang biasanya datang disaat puncak kesibukan atau hal – hal yang kita anggap basi atau hambar. Sebab, menurut saya pribadi, setelah mengalami kejenuhan akan sesuatu, akan ada muncul yang namanya semangat. Semangat inilah yang akan membantu saya kembali termotivasi untuk menuntaskan segala pekerjaan yang masih rancau atau ga kelar. Karena kejenuhan merupakan masalah semua orang maka untuk itu kita dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengatasi masalah ini.

Beberapa efek negatif yang dapat terjadi saat mengalami kejenuhan :

1. Sakit. 

Kejenuhan yang terjadi pada seseorang dapat membuat dirinya sakit, bisa jadi seperti penyakit kelelahan atau tubuh yang drop dll, dirinya merasa tidak sanggup lagi untuk melanjutkan pekerjaan, atau aktivitas sebagaimana biasanya.

2. Produktifitas Menurun

Ini adalah hal kedua yang pasti terjadi jika poin pertama benar – benar terjadi. Ketika orang merasa jenuh, maka tubuh akan terasa lemah dan ingin segera beristirahat, hal ini pula yang akan membuat pekerjaan terhenti sejenak dan otomatis produktivitas kerja pun menurun. Bisa saja semakin parah jika rasa malas datang dan hinggap pada dirinya dalam waktu yang cukup lama. Harap bijak dalam mengatasi hal ini karena status pekerjaan anda yang jadi taruhannya.

3. Rencana Gagal. 

Kejenuhan bisa mengacaukan rencana yang sudah disusun. Sebuah rencana mungkin sudah dipersiapkan dengan sangat baik, namun kejenuhan yang tiba-tiba muncul ditengah jalan, bisa menjadi musibah yang sangat menyakitkan. Alahasil, apa yang sudah direncanakan dengan baik, akhirnya harus buyar tanpa hasil seperti yang diinginkan.

4. Menimbulkan frustasi. 

Ini resiko terparah yang bisa terjadi pada seseorang yang sedang mengalami kejenuhan tingkat atas. Rasa frustasi akan mengakibatkan seseorang bertingkahlaku tanpa memikirkan akibat atas apa yang dilakukannya dalam jangka panjang. Tidak sedikit juga orang menjadi gila karena frustasi yang berlebihan tanpa ada usaha untuk mengatasinya.

Nah, dari beberapa efek negatif yang dapat terjadi saat mengalami kejenuhan tersebut, anda pasti tidak ingin satu atau semua hal tersebut menimpa anda bukan ? santai dulu sob, untuk itulah artikel cara mengatasi kejenuhan ini dibuat, semoga anda tidak jenuh duluan membaca, langsung aja dibawah ini ada beberapa tips cara mengatasi kejenuhan dari beberapa orang yang pernah mengalami dan sukses mengatasinya.

1. Change The Situation

Kalo dalam bahasa Indonesianya “ ubah suasana “. Contoh gampangnya nih ya sob, kalo sobat itu seorang pelajar, yang jenuh karena tiap hari belajaarr terus, diceramahin guruuu terus, masuk kiri keluar kanan, pokoknya jenuh banget lah sama situasi kayak gini, yasudah ubah saja suasana, misalkan buat grup band bareng teman 1 kelas, abis pulang sekolah mampir deh tuh ke studio musik, keluarin semua stressmu lewat teriakan, lucu-lucuan, pasti keluar dari studio beban serasa berkurang atau bisa jadi hilang.

2. Mandi

Banyak orang sepele dengan kata ini, padahal kebanyakan orang barat menganggap ini bukan sekedar aktivitas membersihkan tubuh saja dari kuman, tapi mandi juga bisa dijadikan metode sederhana namun cukup ampuh menghilangkan kejenuhan. Saat mandi, usahakan berendam di air hangat dalam jangkauan waktu 10-15 menit. Jangan kelamaan juga, karena masih banyak yang mau pake kamar mandi.

3. Cari Hiburan

Hiburan ada berbagai macam jenis, hiburan disini lebih mengajak sobat untuk menjalani hiburan yang halal saja. Saat jenuh datang menghampiri, cara yang cukup efektif mengatasi kejenuhan bisa dilakukan dengan cara melakukan aktivitas yang kamu suka, seperti olahraga ringan atau menjaga kondisi tubuh agar tetap prima, membaca komik, novel, majalah, berenang bagi yang tau, makan bakso, gorengan, nonton film kartun atau parodi lucu, pokoknya yang bikin hidup senang aja bro.

4. Ibadah

Bagi sobat yang merasa masih punya iman, beribadah juga salah satu alternatif ampuh mengatasi kejenuhan atau stress. Dengan beribadah, sobat akan merasa lebih tenang dan mendapat kekuatan supranatural yang berasal dari jiwa dan kekuatan agama yang kental dengan harapan memberikan semangat baru untuk melangkah kembali menghadapi setiap masalah dengan senyuman.

5. Cari Cara Sendiri

Dari ke 4 cara mengatasi kejenuhan diatas, cobalah cari cara sendiri yang menurut sobat bisa mengobati masalah kejenuhan. Karena admin majalah siantar juga hanya manusia biasa yang tak luput dari rasa jenuh dan stress. Jika saya stress atau jenuh, biasanya saya baca beberapa status fb lucu, atau ke kafe dengan segelas kopi hitam, atau nonton box office, sehingga semua kejenuhan dapat teratasi tanpa harus memerlukan bantuan orang lain atau mencari-cari informasi tentang bagaimana cara mengatasi kejenuhan, stress dll. Karena dari semua informasi yang sobat ketahui baik dari blog ini maupun dari portal lain, hanya kamu sendirilah yang mengetahui dengan pasti apa yang harus dilakukan, jadi jangan pernah takut jenuh, karena jenuh artinya tidak kosong. ( itu penuh :D ).



Give Your Rating to this post :

Rating: 5
Description: Tips Cara Mengatasi Kejenuhan Reviewer: Hendrikson FBI - Itemreviewed: Tips Cara Mengatasi Kejenuhan Tips Cara Mengatasi Kejenuhan

© Majalah Siantar | All Rights Reserved.

Sudahkah Anda membaca Informasi Terbaru dari Social Bookmark Indonesia ?


Leave a Reply

Berkomentarlah Yang Sopan Dan Jangan SPAM.
NOTE : Anda boleh mengcopy artikel dari Blog ini, tapi jangan lupa menyertakan sumbernya dari Majalah Siantar - Copyrights 2013. All Rights Reserved. Terimakasih telah berkunjung ...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Berita Terbaru. All Rights Reserved -