Favorite News

Posted by : Majalah Siantar Rabu, 07 Desember 2011



BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Masalah
Metode pembelajaran atau strategi adalah suatu cara menyampaikan pesan yang terkandung dalam kurikulum. Metode harus sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Metode pembelajaran ini, menjawab pertanyaan “how” yaitu bagaimana menyampaikan materi atau isi kurikulum kepada siswa secara efektif. Oleh karenanya, walupun metode pembelajaran adalah komponen yang kecil dari perencanaan pengajaran (instructional plan), tetapi memiliki peran dan fungsi yang sangat penting (Langgulung, 1982: 9).

Langgulung menegaskan, kalau kita berbicara tentang metode pembelajaran, maka pembicaraan kita bukan hanya terbatas pada hal-hal pengajaran saja, tetapi menyangkut soal yang lebih luas seperti manajerial yang meliputi administrasi kepegawaian, pendidikan guru, buku-buku teks, teknologi pendidikan, dan lain-lain. Pendeknya meliputi segala hal yang akan membawa proses belajar mengajar lebih efektif (Langgulung, 1989: 158). Pada dasarnya, metode adalah cara, yang di dalam fungsinya merupakan alat mencapai suatu tujuan. Hal ini berlaku bagi guru (metode mengajar) maupun bagi murid (metode belajar). Makin baik metode yang digunakan semakin efektif pula pencapaian tujuan. Metode dalam penerapannya dipengaruhi oleh banyak faktor misalnya: (1) murid atau pelajar (2) tujuan (3) situasi (4) fasilitas dan (5) guru atau pengajar (Winarno, 1986: 96-97).
Untuk itu dalam kesempatan kali ini penulis akan mencoba melihat sejauh mana penerapan metode pembelajaran yang diberikan pada murisd di SD Muhammadiyah waringinsari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu.

B.           Ruang Lingkup Penelitian
a.             Penelitian ini membahasa tentang metode – metode mengajar guru dalam aktifitas belajar siswa di sekolah.
b.            Penelitian ini bertempat di SD Muhammadiyah Waringinsari Kecamatan Sukoharjo.
c.             Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan pada semester satu tepatnya dibulan Desember pada tahun ajaran 2009 / 2010.

C.           Tujuan dan Manfaat Penelitian
a.             Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode-metode mengajar yang diberikan oleh para guru dalam memberikan pelajaran pada murid.

b.            Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah :
·              Bagi Penulis
Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sehingga penulis dapat menerapkan teori-teori/ ilmu yang diperoleh di kampus dalam kehidupan nyata melalui praktek/ penelitian.

·              Bagi Sekolah
Diharapkan hasil yang telah didapat akan memberikan suatu masukan bagi pihak sekolah sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan mutu sekolah yang lebih baik.
 

Sudahkah Anda membaca Informasi Terbaru dari Social Bookmark Indonesia ?


Leave a Reply

Berkomentarlah Yang Sopan Dan Jangan SPAM.
NOTE : Anda boleh mengcopy artikel dari Blog ini, tapi jangan lupa menyertakan sumbernya dari Majalah Siantar - Copyrights 2013. All Rights Reserved. Terimakasih telah berkunjung ...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Berita Terbaru. All Rights Reserved -